Sabtu, 08 Mei 2010

ISTILAH DI INTERNET

Istilah-istilah dalam internet

No. Istilah Pengertian / Kegunaan
1. Access Suatu usaha untuk membuka suatu saluran komunikasi dengan perangkat hardware atau software tertentu, seperti modem yang digunakan untuk membuka akses internet.
2. Alias Nama lain untuk nickname yang digunakan dalam program chatting
3. Attachment Alat pelengkap,penempelan,adhesi.Istilah ini banyak digunakan dalam penggunaan email. Jika anda mengirim sebuah file tersebut disebut attachment email dapat berupa jenis file apa saja.
4. Bandwidth Adalah jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangkawaktu tertentu, biasanya ditentukan dalam satuan megabite per second.
5. Browser Perangkat lunak yang digunakan untuk berselancar atau menjelajah di internet.
6. Chatting Percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, percakapan ini bias dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks atau suara.
7. Client Pemakai dari suatu jaringan atau computer yang memanfaatkan resources yang ada di komputer lain dalam suatu jaringan.
8. DNS (Domain Name System). Sebuah system yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data terbesar di dalam jaringan komputer yang digunakan untuk pencarian nama computer di jaringan yang menggunakan TCP/IP.
9. URL Uniform Resource Locator. Alamat standart untuk internet. Bagian pertama menunjukkan protocol yang digunakan dan yang kedua menunjukkan nama domain misalnya Google.com
10. Domain Nama unik untuk memastikan alamat web di internet.
11. Download Pengambilan data atau file dari computer server,bisa melalui jaringan internet bisa juga melalui jaringan local.
12. Upload Mengirim file dari computer anda ke computer lain.kegiatan pengiriman data (berupa file) dari computer local ke computer lainnya yang terhubung dalam sebuah network.
13. E-mail (Electronic Mail), merupakan pesan atau surat secara elektronik baik berupa teks atau gambar yang di krim dari suatu alamat ke alamat lain di jaringan internet
14. Ethernet Jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer
15. FTP File Transfer Protocol. Suatu protocol (aturan) yang dipakai secara luas di internet untuk mentransfer file dari computer satu ke computer yang lainnya (atau dari computer ke internet dan sebaliknya).
16. Gateway Sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda.
17. GIF Grafik Interchange Format, adalah sebuah format yang sering digunakan dalam dunia web maupun dalam dunia citra digital. Format ini sering digunakan karena ukurannya yang relatif kecil dan juga banyaknya software editor gambar yang telah mendukung citra ini.
18. Hyperlink Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam suatu slide, file, program, atau halaman web dengan bagian lainya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink dapat digunakan untuk menunjukkan lokasi lain dari teks atau objek yang dipresentasikan.
19. Homepage Halaman pertama dari suatu web site; halaman default yang diset untuk sebuah browser.
20. Host Jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi/individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP,e-mail, atau DNS
21. HTML Hypertext Markup Language adalah Sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.
22. HTTP Hypertext Transfer Protocol, yaitu salah satu protocol yang digunakan untuk bertukar informasi di World Wide Web (WWW).
23. Intranet Sebuah jaringan privat yang menggunakan protocol – protocol internet untuk membagi informasi operasi dalam sebuah perusahaan kepada karyawannya.
24. IP Internet Protokol, merupakan standar bagi computer untuk berkomunikasi dg computer lainnya dalam suatu jaringan.
25. IRC Internet Relay Chat.salah satu program untuk ngobrol (chatting)di internet.
26. ISP Badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan.
27. JPEG Joint Photographic Experts Groups adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil.
28. LAN Local Area Network, merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yg berukuran sampai beberpa kilometer.
29. Log in / Sign in Proses untuk mengakses computer dengan memasukan identitas diri dari akun pengguna dan kata sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya computer tujuan
30. Log Out / Sign out Keluar dari sebuah halaman web yang memiliki otoritas sangat pribadi atau rahasia.Log out perlu dilakukan untuk alasan keamanan,agar orang lain tidak bisa masuk ke halaman web tsb.
31. Router Router adalah sebuah alat jaringan computer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan/internet menuju tujuannya melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.
32. Search engine Suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang di butuhkan pengunjung internet.
33. Server a. Sebuah computer di internet / jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan.
b. Sebuah aplikasi jaringan computer yang digunakan untuk melayani banyak pengguna dalam satu jaringan.
34. Website Kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam/gerak,data animasi,video atau gabungan dari semuanya,baik yang bersifat statis maupun dinamis.
35. Spam Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui E-mail, bisa berupa pesan yang tidak berarti atau iklan yang kurang berguna.
36. Tag Tanda yang digunakan dalam penulisan HTML,dan merupakan inti dari penulisan HTML
37. Refresh Penyegaran ulang terhadap server untuk mempercepat loading antar data.
38. Web Fasilitas yang dapat menampilkan data, grafik serta gambar melalui internet
39. Webpage Sebuah dokumen /sumber informasi yang sesuai untuk world wide web (WWW) dan dapat diakses melalui web browser dan ditampilkan pada computer layar.
40. Wireless Suatu komunikasi antar dua titik atau lebih dimana gelombang elektromagnetik (bukan melewati kabel) membawa signal sebagian/ seluruh bagian dari jalur komunikasi.
41. WWW (World Wide Web), dikenal juga sebagai web, merupakan jaringan yang membentuk format HTML, sehingga memungkinkan antar pengguna jasa internet di seluruh dunia saling berinteraksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar